05 April 2012

SEKILAS TENTANG SANGGAR ACM

Saat ini lembaga kursus membaca, menulis dan berhitung berkembang sangat pesat di Indonesia. SANGGAR ACM adalah sebuah lembaga kursus nonformal yang menawarkan program membaca, menulis dan berhitung yang disiapkan khusus untuk anak mulai usia dini agar lebih awal dapat membaca dan menulis, untuk orang dewasa penyandang buta aksara serta program pendidikan dan pelatihan yang berfokus pada pengembangan guru dan orangtua berdasarkan kompetensi yang telah ditentukan.

Latar belakang dibentuknya SANGGAR ACM adalah karena banyaknya permintaan masyarakat dan lembaga pendidikan baik formal maupun non formal di bidang pembelajaran membaca dan menulis untuk anak-anak secara benar, baik yang dilakukan secara klasikal maupun privat, serta masih banyaknya masyarakat khususnya orang dewasa yang buta huruf.

SANGGAR ACM adalah usaha yang bergerak di bidang jasa pendidikan, spesialis membaca dan menulis, dengan tambahan berhitung tingkat dasar dengan memiliki pasar yang sangat luas (Pra Sekolah, TK, SD dan orang dewasa penyandang buta aksara) dan saat ini telah mulai berkembang dengan memiliki cabang di Jawa barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Sumatera. SANGGAR ACM memiliki keunikan dengan terus-menerus melakukan riset dan inovasi dalam mengembangkan pembelajaran membaca, menulis dan berhitung dengan kreatif.

Adapun SANGGAR ACM telah berpengalaman sejak tahun 2003 di bidang pendidikan khususnya belajar membaca dna menulis. SANGGAR ACM telah memiliki tim kerja yang terdiri dari para pakar di bidang pendidikan, Praktisi yang berpengalaman dan merupakan alumni dari Universitas-universitas Negeri dan swasta di Indonesia.

Untuk mengisi kebutuhan organisasi atau lembaga pendidikan dalam upaya pengembangan Sumber Daya Manusia, SANGGAR ACM telah menyediakan paket-paket kursus singkat (kilat) dan pelatihan di bidang pembelajaran membaca dan menulis untuk anak–anak & orang dewasa. Paket-paket pelatihan itu bukan sekedar untuk menjawab kebutuhan masa kini, tetapi juga mempersiapkan peserta didik & peserta pelatihan untuk menghadapi tantangan masa depan.

Sejak berdiri hingga awal tahun 2011, tercatat lebih dari 1000 peserta yang telah mengikuti program kursus dan pelatihan singkat (kilat). Para peserta berasal dari lembaga pendidikan formal, non formal, pemerintah, dan swasta. SANGGAR ACM secara rutin juga menyelenggarakan pelatihan-pelatihan metode membaca dan menulis untuk orang tua, guru, instruktur, dan umum.

BERBEDA DENGAN BIMBINGAN BELAJAR

SANGGAR ACM mengambil peranan yang berbeda dengan bimbingan belajar (bimbel) yang sudah banyak dikenal masyarakat. Bimbel pada umumnya mengulang atau mengajarkan kembali pelajaran-pelajaran di sekolah kepada peserta didiknya. Oleh karena itu, pada umumnya suatu bimbel akan mengajarkan semua pelajaran yang ada di sekolah pula.

SANGGAR ACM hanya mengkhususkan pada pembelajaran membaca dan menulis serta berhitung sebagai tambahan dan sama sekali tidak mengulang pelajaran sekolah. Materi pembelajaran ACM telah tersusun sedemikian rupa sehingga dengan menguasainya dipastikan peserta didik tidak akan mengalami kesulitan lagi dalam pembelajaran membaca, menulis dan berhitung.


LATAR BELAKANG BERDIRINYA SANGGAR ACM

  • Adanya tekanan dari lingkungan dengan dibukanya sekolah baru yang dikatakan lebih baik dan adanya tuntutan dari Sekolah Dasar (sederajat) atau lembaga pendidikan berjenjang lebih tinggi di atas TK yang mengharuskan anak didik masuk Sekolah Dasar sudah dapat membaca dan menulis dengan baik
  • Orangtua menyerahkan sepenuhnya proses belajar membaca dan menulis anak kepada sekolah, dan Orangtua juga merasa bahwa sekolah bertanggung jawab penuh terhadap pembelajaran dan hasil belajar anaknya.
  • Pemahaman dan penguasaan tentang metode dan teknik pembelajaran membaca dan menulis yang dimiliki oleh Orangtua, guru dan tutor masih sangat minim.
  • Peserta didik mengalami Kesulitan belajar, Mudah jenuh & Bosan Belajar Membaca dan menulis
  • Anak didik Belajar dengan mengeja dan menghafal Huruf sehingga terlalu lama dapat belajar membaca
  • Perlunya Efektifitas dan Efisiensi dalam mengajarkan membaca dan menulis
  • Tingginya angka warga penyandang buta aksara yang disebabkan oleh kurangnya kesempatan belajar yang dapat diperoleh karena tingkat kemiskinan yang cukup tinggi sehingga warga tidak mampu memfasilitasi dirinya untuk belajar. 

 VISI

Menjadi pilihan utama bagi konsumen untuk kebutuhan jasa pelayanan di bidang pendidikan dan pelatihan dalam rangka meningkatkan kompetensi SDM guru, orangtua dan anak agar mampu bersaing dan memiliki kemampuan yang profesional.

 

MISI

Melaksanakan pelatihan dalam bidang pendidikan, baik pendidikan formal maupun non formal.Memperbanyak guru / tutor dalam bidang pembelajaran membaca, menulis dan berhitung baik untuk anak-anak maupun orang dewasa . Menyediakan jasa penyelenggaraan pelatihan, workshop dan seminar sesuai kebutuhan konsumen.Ikut serta dalam meningkatkan program mencerdaskan masyarakat Indonesia melalui pendidikan dan pelatihan yang bersifat publik.


PROGRAM LAYANAN / BIDANG JASA

SANGGAR ACM menumpukan keandalannya dalam bidang :

  1. Kursus membaca & menulis untuk anak ( 16x pertemuan )
  2. Kursus belajar membaca, menulis & berhitung untuk orang dewasa buta aksara (10x pertemuan)
  3. Pelatihan cara mengajar dengan metode ACM untuk orangtua, guru, tutor dan umum Seminar-seminar pendidikan
SANGGAR ACM mempunyai empat unsur pendukung utama, yaitu :
  1. Staff pengajar dari disiplin ilmu dengan kesarjanaan penuh. Mereka sedikitnya telah melewati masa pendidikan dan pengalaman kerja selama ± 10 tahun.
  2. Metode yang dipakai dalam pendidikan dan pelatihan memberikan suasana belajar secara aktif melalui pendekatan cara belajar aktif.
  3. Bahan pendidikan dan pelatihan baik berupa bahan bacaan, panduan (modul), latihan dan praktek. Bahan tersebut semuanya karya asli dari penulis buku yang dibuat se-efisien dan se-efektif mungkin. Penambahan dan pembaharuan (Up Date) bahan-bahan itu terus menerus dilakukan.
  4. Fasilitas belajar untuk memenuhi kebutuhan belajar dalam kelompok yang tidak terlalu besar. SANGGAR ACM membatasi jumlah peserta program maksimal 15 orang/kelas. Tersedia dengan kelengkapannya. Disamping itu tersedia pula musholla, perpustakaan kecil , pusat informasi dan fasilitas pendukung belajar lainnya. kelas ber-AC, LCD Proyektor, Buku/Modul, alat peraga, Kaset/CD pembelajaran, Konsultasi berkala dan bahan pendukung lainnya.

SEGMENTASI / TARGET KONSUMEN

1. Anak usia dini (pra sekolah dan TK)

2. Anak usia sekolah dasar (SD dan sederajat)

3. Guru / Tutor

4. Orang dewasa penyandang Buta Aksara

5. Pemerhati Pendidikan anak

6. Orangtua dan Umum yang tertarik mendalami pembelajaran membaca dan menulis


MITRA CABANG YANG SUDAH ADA

  1. Surabaya
  2. Tuban
  3. Malang
  4. Padang
  5. Jambi
  6. Bandung
  7. Makassar

1 komentar:

  1. Boleh minta alamat atau nmr telp utk wilayah makassar.

    BalasHapus